Cara beriklan google ads untuk aplikasi dengan penawaran 50-100 rupiah/install

Cara beriklan google ads untuk aplikasi dengan penawaran 50-100 rupiah/install

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Hallo om pengguna Source Code Aliendroid, Kali ini penulis bahas rangkuman Gmeet sesi 1 dan 2 tentang cara ngiklan aplikasi menggunakan Google ads. Tulisan ini sebenarnya tidak akan di share dan direkam sesuai permintaan member lain, akan tetapi banyaknya yang PM penulis dan tidak mungkin harus dibalas satu persatu akhirnya tulisan ini penulis post. Harap diperhatikan teknik ini bukan untuk mendapatkan penghasilan cepat dengan cara beriklan murah, tetapi lebih ke index dan posisi aplikasi dipencarian playstore.

Pahami sebelum memulai iklan:

A. Impresi

Impresi adalah jumlah tayangan iklan yang tampil, impresi dipengaruhi oleh besar penawaran (BID), Bahasa dan lokasi Negara target. Penulis memulai BID dengan besaran 300 rupiah untuk seluruh negara dan semua bahasa.

B. Click

Click adalah jumlah ketertarikan user terhadap iklan yang melakukan klik dan mengarahkannya ke halaman playstore, pengalaman penulis klik sangat dipengaruhi oleh katakunci, icon, gambar dan video yang di iklankan. Click yang baik berkisaran 30%. Simulasi:

  • jika terjadi impresi 1000 dengan 50 klik = Boncos
  • Jika terjadi impresi 1000 dengan 300 klik = Insya Allah tidak boncos

Jangan terburu-buru untuk mendesain dan menentukan katakunci iklan, buatlah semenarik mungkin.

C. Conversi/Install

Conversi adalah hasil dari click user yang melakukan / tertarik / menginstall aplikasi yang di iklankan, untuk mendapatkan conversi triknya terletak pada screenshot yang di tambahkan title / katakunci singkat tentang fitur dan keunggulan aplikasi. Jadi jangan buang-buang waktu untuk membuat deskripsi yang panjang karena jarang sekali user melaungkan waktu untuk membaca cerpen anda. Conversi yang Insya Allah tidak boncos berkisaran 30% dari jumlah click, contoh 300 click dengan 90 conversi.

Pesiapan Iklan untuk pemula:

A. Dasar Pengaturan Iklan

  • Target seluruh Negara
  • Gunakan semua bahasa, jika anda hanya menargetkan bahasa inggris saja maka target makin sedikit. Simulasi: jika anda menargetkan iklan ke negara Amerika dengan set bahasa inggris maka jumlah smartphone/divace/platform menerima iklan akan semakin sedikit, karena tidak semua orang amerika menggunakan bahasa inggris di divace-nya, sepertihalnya orang Indonesia tidak semuanya menggunakan bahasa indonesia di divace-nya, Penulis sendiri menggunakan divace dengan bahasa inggris.
  • Budget Rp 50.000/day
  • BID Rp Rp 300 (Maksimal)
  • Siapkan asset menarik seperti Icon, katakunci, image dan video

B. Membuat Title dan Deskripsi Iklan

Gunakan fitur pencarian playstore untuk mendapatkan rujukan / sugesti kata kunci yang sering dicari, gunaka semua kata kunci pada title dan deskripsi.

C. Membuat Grup Iklan

Kesalah yang paling sering ditemukan penulis adalah tidak dibuatnya grup iklan dalam satu campaign, grup iklan sangat direkomendasikan untuk menembak/menggunakan beberapa kata kunci aplikasi yang di iklankan dalam satu budget dan satu bid. Buat 2 title dan deskripsi dalam 1 grup (rekomendasi gunakan gambar dan video). Penulis sendiri membuat 20 grup saat pertama membuat campaign dan menambahkan 1 grup setiap harinya sesuai katakunci yang sedang trending

D. Pantau Iklan

Luangkanlah waktu setiap harinya untuk memantau iklan, lihat negara mana atau kata kunci yang paling banyak impresi, simulasi:

  • JIka dengan BID Rp 300 mendapatkan impresi yang sangat besar di berbagai negara maka turunkanlah bid dengan mengurangi - Rp 50,-. Lakukan secara bertahap.
  • Jika salah satu negara mendapatkan impresi yang sangat tinggi meskipun dengan BID Rp. 300,- maka lakukan exclude negara tersebut dan buatlah Campaign iklan sendiri dengan bid maximal 50% dari bid awal (Rp 150,-).
  • Jika grup iklan memiliki impresi tinggi pada salah satu kata kunci, maka tambahkan grup baru dengan variasi kata kunci yang sama.

Tulisan ini hanya trik dasar, silahkan eksperimen sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.