Pengaturan Global untuk Source code Aliendroid

Pengaturan Global untuk Source code Aliendroid

A. Json Ads Formating

Untuk menggunakan Ads.json (Remot ads), buka SettingAlien.java

  1. Json ads digunakan untuk mode iklan online/remots ads.
  2. Digunakan untuk mengganti iklan di aplikasi tanpa melakukan update aplikasi.
  3. Isi angka 1 untuk mengaktifkan atau 0 untuk nonaktif remot ads dibagian ON_OFF_ADS
  4. Isi JSON_URL dengan link json jika menggunakan mode onlie, contoh https://aliendro.id/projek/ads.json
  5. Gunakan notepad, notepad++, Sublime, or atau text editor lainnya untuk mengedit json.
  6. Semua iklan yang dipilih sudah termasuk Open Bidding Meta Audience Network, kecuali iklan startapp.
  7. Hanya dua iklan yang bisa digunakan sebagai Main ads dan Backup ads.
  8. Admob App ID dan Applovin ID disimpan di res-values-string.xml
  9. Json bisa upload ke firebase, google drive, hosted, raw github, raw archive, dll

Isian Ads merupakan tempat untuk menyimpan ID iklan yang digunakan, termasuk redirect, backup ads dan switch ads. Json untuk Ads hanya digunakan pada mode online. Silahkan lihat panduan di SettingsAlien.java

  1. select_main_ads : Untuk iklan utama, pemilihan iklan yang digunakan dengan format penulisan "ADMOB", "GOOGLE_ADS", "UNITY" "IRON", "APPLOVIN-M","APPLOVIN-D" dan "STARTAPP". Silahkan pilih salah satu iklan yang akan digunakan .
    a. APPLOVIN-M digunakan untuk jenis iklan MAX atau Open Bidding Meta. Menggunakan SDK Key dan placement id iklan.
    b. APPLOVIN-D digunakan untuk jenis iklan Discovery menggunakan SDK Key dan Zone ID
  2. select_backup_ads : Untuk iklan backup, pemilihan iklan yang digunakan dengan format penulisan "ADMOB", "GOOGLE_ADS", "UNITY" "IRON", "APPLOVIN-M","APPLOVIN-D" dan "STARTAPP". Silahkan pilih salah satu iklan yang akan digunakan .
    a. APPLOVIN-M digunakan untuk jenis iklan MAX atau Open Bidding Meta. Menggunakan SDK Key dan placement id iklan.
    b. APPLOVIN-D digunakan untuk jenis iklan Discovery menggunakan SDK Key dan Zone ID
  3. status_app : Status App harus dalam terisi 0, bagian ini berfungsi untuk mengalihkan aplikasi yang di suspend/banned oleh google. Jika terjadi kondisi tersebut (suspend/banned) maka isi dengan angka 1. Dengan mengisi angka 1 maka aplikasi akan terkunci dan user yang menggunakan aplikasi akan diarahkan ke link aplikasi yang baru.
  4. link_redirect : Link aplikasi baru (masih live) yang diarahkan dari status_app dengan isian 1, contoh : https://play.google.com/store/apps/details?id=
  5. main_ads_intertitial : Main ID Intertitial Ads.
    a. Untuk STARTAPP silahkan isi 123456,
    b. jika menggunakan APPLOVIN-D isi dengan 123456 atau  Zone ID.
  6. backup_ads_intertitial : Backup ID Intertitial Ads.
    a. Untuk STARTAPP silahkan isi 123456,
    b. jika menggunakan APPLOVIN-D isi dengan 123456 atau  Zone ID.
  7. main_ads_banner_or_native : Main ID Native hanya untuk Admob dan MAX, jika tidak menggunakan Admob atau MAX silahkan isi dengan ID Banner
  8. backup_ads_banner_or_native : BAckup ID Native hanya untuk Admob dan MAX, jika tidak menggunakan Admob atau MAX silahkan isi dengan ID Banner
  9. main_ads_banner : Main ID Banner Ads.
    a. Untuk STARTAPP silahkan isi 123456,
    b. jika menggunakan APPLOVIN-D isi dengan 123456 atau  Zone ID.
  10. backup_ads_banner : Backup ID Banner Ads.
    a. Untuk STARTAPP silahkan isi 123456,
    b. jika menggunakan APPLOVIN-D isi dengan 123456 atau  Zone ID.
  11. main_ads_reward : Main ID Reward Ads.
    a. Untuk STARTAPP silahkan isi 123456,
    b. jika menggunakan APPLOVIN-D isi dengan 123456 atau  Zone ID.
  12. backup_ads_reward : Backup ID Reward Ads.
    a. Untuk STARTAPP silahkan isi 123456,
    b. jika menggunakan APPLOVIN-D isi dengan 123456 atau  Zone ID.
  13. native_for_admob : ID Native hanya untuk ADMOB
  14. initialize_sdk : Initialize untuk Startapp, unity dan IronSource
    a. Startapp menggunakan App ID, initialize_sdk ="123456789"
    b. Unity menggunakan GameID, initialize_sdk ="123456789"
    c. IronSource menggunakan App Key, initialize_sdk ="107355779"
    d. jika tidak digunakan, silahkan isi dengan initialize_sdk="null" 
  15. initialize_sdk_backup_ads : Initialize backup untuk Startapp, unity dan IronSource
    a. Startapp menggunakan App ID, initialize_sdk_backup_ads ="123456789"
    b. Unity menggunakan GameID, initialize_sdk_backup_ads ="123456789"
    c. IronSource menggunakan App Key, initialize_sdk_backup_ads ="107355779"
    d. jika tidak digunakan, silahkan isi dengan initialize_sdk="null" 
  16. high_paying_keyword_1 : Isi dengan high paying keyword (HPK) Adsense/Admob seperti "Finace" atau "" jika tidak menggunakan HPK. HPK hanya untuk iklan Admob dan Applovin-D.
  17. high_paying_keyword_2 : Isi dengan high paying keyword (HPK) Adsense/Admob seperti "Finace" atau "" jika tidak menggunakan HPK. HPK hanya untuk iklan Admob dan Applovin-D.
  18. high_paying_keyword_3 : Isi dengan high paying keyword (HPK) Adsense/Admob seperti "Finace" atau "" jika tidak menggunakan HPK. HPK hanya untuk iklan Admob dan Applovin-D.
  19. high_paying_keyword_4 : Isi dengan high paying keyword (HPK) Adsense/Admob seperti "Finace" atau "" jika tidak menggunakan HPK. HPK hanya untuk iklan Admob dan Applovin-D.
  20. high_paying_keyword_5 : Isi dengan high paying keyword (HPK) Adsense/Admob seperti "Finace" atau "" jika tidak menggunakan HPK. HPK hanya untuk iklan Admob dan Applovin-D.
  21. interval_intertitial : Isi dengan angka minimal 1, interval digunakan sebagai jarak munculnya iklan intertitial berdasarkan klik pada listview

B. Firebase Google Analytics

  • Menambahkan Firebase

Firebase tidak wajib untuk pasang, silahkan abaikan dan ikuti cara mengabaikan penggunaan firebase 

Google Analytics adalah layanan gratis untuk menganalasia trakif dan kinerja aplikasi. Dengan memasang Analytics pengembang bisa memantau jumlah pengguna, asal pengguna dan halaman mana saja yang sering digunakan. Selain itu dengan menggunakan firebase juga bisa dihubungkan dengan akun Admob. Sehingga pengembang bisa melihat metrik penghasilan berdasarkan pengguna harian (Daily Active User)

Langkah awal silahkan buat projek di halaman firebase  https://console.firebase.google.com/u/0/

Setelah membuat projek baru, dihalaman dasboard daftarkan nama applicationId dengan menekan ikon android. Package name harus sama dengan ApplicationId yang digunakan dalam aplikasi.

Download google-services.json dan masukan kedalam source code. Lihat gambar.

  • Tidak menggunakan Firebase

Jika tidak membutuhkan firebase sebagai analisa, pengembang bisa mengabaikan untuk membuat projek dengan cara mengubah bagian package_name yang ada di google-services.json bawaan source code. dengan nama applicationId yang digunakan.

C. Protect Installer

Bagian ini digunakan untuk melindungi aplikasi dari Apkpure, ApkMirror, AptoIde, getjar dll. Gunakan perlindungan ini jika Anda menggunakan iklan Admob atau membatasi pemasangan di luar Playstore.

Buka SettingAlien.java dan ubah PROTECT_APP = true, Jika Anda menggunakan perlindungan ini, aplikasi hanya dapat diinstal di Playstore, Amazone Store, dan Galaxy store

untuk mendapatkan key BASE_64_LICENSE_Key, silahkan Create app di Google Playstore

Buka menu Monetization Setup dan copy Licensing, paste ke BASE_64_LICENSE_Key di SettingAlien.java

D. Publish Application

Setiap aplikasi yang akan dipublish atau update versi wajib membuat bundle aplikasi menggunakan keystore. Buka menu Build-Generate Signed Bundle/Apk

Simpan file keytsore tersebut untuk proses update aplikasi .

Pilih Android App Bundle

Tekan tombol Create New jika belum memiliki keystore

Silahkan isi semua kotak yang wajib isikan data.

Setelah membuat keystore, lanjutkan dengan membuat release.

Tunggu hingga muncul notifikasi App bundle(s) generated successfully. klik text locate dan akan diarahkan ke path folder aplikasi yang telah dibuat

D. Mengganti SDK Alien

Source code Aliendroid menggunakan Alien sdk multy ads untuk switch dan backup ads. Dengan menggunakan SDK ini, aplikasi dapat menampilkan 8 iklan yang dipilih, tetapi ukuran aplikasi menjadi besar. Jika Anda hanya menggunakan Admob, silakan gunakan SDK Alien Admob.

Untuk mengganti sdk, buka Gradle Module dan ganti

implementation 'com.github.aliendroid-kim:AlienMultyAds:Saturn-03' atau implementation 'com.github.aliendroid-kim:AlienMultyAds:+'

dengan

implementation 'com.github.aliendroid-kim:admobSdk:Sun-02' atau implementation 'com.github.aliendroid-kim:admobSdk:+'

Dengan menggunakan Alien Admob SDK, aplikasi hanya menampilkan iklan admob dan ukuran aplikasi menjadi kecil.