Dasar Reskin untuk Source Code Android Studio

Dasar Reskin untuk Source Code Android Studio

Cek versi Android Studio sebelum memulai reskin. Versi AS harus 4.x atau lebih
Panduan basic reskin ini menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, bisa terjadi perbedaan tataletak menu di AS yang menggunakan sistem operasi windows atau linux . 

  • Check versi Android Studio

Untuk melihat versi Android studio, silahkan buka menu About.

  • Menghapus Data Lama

Setiap Source code yang dibuat akan meyimpan jejak pada folder .ideas, folder tersebut menyimpan informasi tentang proyek, seperti versi Java, jenis proyek, modul, path file jar pustaka dan beberapa lainnya. Sedangkan .gradle menyimpan informasi build tools yang disematkan pada aplikasi. Silahkan hapus kedua file .ideas dan .gradle untuk menyesuaikan dengan AS yang digunakan.

Lanjutkan dengan membersihkan projek, pilih menu Build-Clean Project

  • Mengganti Ikon

Buka menu File-New-Image Asset, dan silahkan pilih ikon yang telah disiapkan. Ikon yang telah ditambahkan kedalam aplikasi akan tersimpan di folder res-mipmap.

Error saat mengganti ikon

  • ApplicationId

ApplicationID merupakan domain untuk penamaan aplikasi, dan Applicationid tidak ada hubungannya dengan packagename, meskipun ada beberapa pengembang aplikasi menamai applicationid sama dengan nama packagename.

Setiap aplikasi yang akan dipublish harus memiliki domain yang unik, biasanya menggunakan 3 susunan kata (tidak baku, bisa lebih dari 3), contoh : id.aliendroid.fakecall, domain tersebut mengidentifikasi bahwa id (Indonesia), aliendroid (nama pengembang), dan fakecall (nama aplikasi).

Untuk mengubahnya silahkan buka builde.gradle (Module : App), pada contoh tertulis applicationId "com.aliendroid.fakecall5".

Selain itu pada file builde.gradle (Module : App) terdapat baris versionCode dan versionName.

versionCode : Isi dengan angka sebagai penanda nomor versi aplikasi, biasanya dimulai dari angka 1. Setiap update uplikasi maka angka wajib dinaikan lebih besar dari angka sebelumnya (2,3, dst) 

versionName : Isi dengan angka, huruf atau kata. Bagian ini merupakan penamaan versi aplikasi. contoh : versi-beta01, Rilis-skin01, 1.6

  • Packagename

Packagename adalah nama paket atau bisa disebut juga path folder untuk menyimpan file class. Packagename tidak wajib untuk diubah, bisa menggunakan bawaan source code. Tetapi jika ingin mengubahnya silahkan ubah pada bagian hirarki, pilih salah satu sub paket dan lakukan klik kanan-Refactor-Rename. Pada contoh penulis akan mengubah fakacall5. 

Error saat mengganti packagename

  • Nama Aplikasi

Untuk mengubah nama aplikasi silahkan buka res-values-string.xml dan gantipada bagian "app_name". Ubah sesuai nama yang diinginkan.

  • Warna Aplikasi dan Konten

Warna untuk aplikasi di android studio tersimpan di res-values-color.xml dengan menggunakan format hexadecimal. Akan Tetapi tidak selamanya warna tersimpan di file color.xml tergantung cara pengembang menyimpannya.

bisa mengubahnya juga melalui Tab Attributes yang ada di res-layout-(layout yang dipilih)-pilih konten/item-background