Android #5: Cara riset nama aplikasi android 1 juta download

2926 views

Android #5: Cara riset nama aplikasi android – Banyak cara untuk melakukan riset nama/judul aplikasi yang akan dibuat. Tujuannya agar aplikasi yang dibuat banyak yang mengunduh dengan nebeng nama yang sedang populer. Tetapi hati-hati dengan menggunakan teknik ini akan terkena Trademark  (TM) dan akun Gdev bisa di banned.

Penulis sendiri hanya menggunakan 3 cara untuk melakukan riset.

Pertama menggunakan Halaman Google Play. Cukup lihat pada beberapa kategori yang diinginkan. Contoh memilih kategori events dengan sub Gratis teratas/terlaris, maka akan keluar nama aplikasi/game yang sedang banyak di cari.  namun dengan trik ini tidak bisa melihat jumlah pasti harian yang mengunduh aplikasi tersebut, karena ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi populer/terlaris hanya satu waktu saja seperti Soal CPNS, Soal UN, dll. Setelah mendapatkan nama aplikasi yang  cocok, cukup ubah sedikit namanya misal Guide Taken 3.0 new 2018. dll.

Kedua dengan menggunakan AppBrain, cara ini yang sering digunakan. Karena selain bisa melihat aplikasi/game yang sedang populer, bisa juga melihat jumlah unduhan dari waktu ke waktu. Pada beranda pilih bagian sort by dengan hot today/hot this week, all time popular .dll. Maka akan keluar beberapa aplikasi yang sedang populer sesuai pilihan waktu.

 

Klik pada salah satu aplikasi/game tersebut, dan akan menampilkan besaran jumlah unduhan. Tetapi yang harus dilihat adalah tanggal pembuatan aplikasi. Terlihat pada info tersebut, aplikasi yang dipilih dibuat pada bulan Mei 2014. Artinya cukup waktu lama untuk aplikasi ini mendapatkan jumlah unduhan lebih dari 100K sampai bulan November 2017 (saat penulisan artikel).

Karena yang dipilih adalah Hot this week, ada kemungkinan aplikasi ini memang sedang naik daun pada saat-saat ini. Pengembang aplikasi melakukan update terbaru dari Bulan Februari s.d Agustus 2017.  Biasanya pengembangan dilakukan karena respon terhadap aplikasi bagus atau setidaknya mulai banyak yang mengunduh dan mengenal nama aplikasi.

Pilihan untuk menggunakan nama aplikasi yang akan dibuat tergantung dari hasil analisa tanggal pembuatan aplikasi, tanggal update dan jumlah unduhan dari tiap update aplikasi.

Ketiga adalah dengan menggunakan AppAnnie, untuk melihat aplikasi/game terpopuler di setiap negara. Sebenarnya teknik ini bisa dilakukan dengan AppBrain. Bedanya di AppAnnie bisa menampilkan seluruh aplikasi yang populer diberbagai platform seperti IOS, Amazon dan Windows Phone.

App/Game Populer Diberbagai Negara (AppBrain)

Pada Halaman AppAnie, pilih Top Chart dengan pilihan sub Google Play. Pilih pada bagian Country dan category untuk melihat app/game yang populer. Misal yang dipilih adalah Toon Blast, maka akan keluar informasi tentang game tersebut. Hal yang harus diperhatikan adalah tanggal rilis, update dan jumlah unduhan aplikasi dari awal rilis. Game ini mendapat jumlah unduhan dengan rentang 500K-1M dari bulan Maret 2017-November 2017. Cukup tinggi rentang unduhan dalam kurun waktu 7 Bulan. Nama game ini patut untuk dijadikan nama aplikasi yang akan dibuat dengan tambahan kata.

Nb. Hati-hati TM

Selain untuk mendapatkan nama aplikasi, teknik seperti ini juga digunakan untuk menambah kata kunci deskripsi aplikasi. Meski judul yang dipanggil berbeda dengan judul aplikasi, jika menggunakan riset kata kunci yang populer dan  memasukannya pada deskripsi aplikasi, kemungkinan besar aplikasi akan terindex di Google Play Store.

 

Tags: #AppAnnie #AppBrain #ASO #Google Play services #SEO


  1. author

    bukitaksara8 months ago

    Cara riset keyword dengan aplikasi android yang paling dicari…
    sangat membantu dalam download aplikasi yang sudah dibuat…
    Terimakasih tambahan ilmu ASO yang diberikan disini

    Reply
    • author
      Author

      rysasahrial3 months ago

      terimaksih om atas masukannya.

      Reply

Leave a reply "Android #5: Cara riset nama aplikasi android 1 juta download"

Author: 
    author