Android #4: Perhatikan beberapa hal berikut saat membuat aplikasi baru

Android #4: Perhatikan beberapa hal berikut saat membuat aplikasi baru –  Saat memulai membuat proyek baru kadang beberapa pengembang aplikasi (baru) tidak memperhatikan bahkan tidak tahu maksud dari penggunaan minimum SDK yang digunakan. Biasanya saat memulai  belajar yang penting klik, next dan klik saja.

Pemilihan minimum SDK sangat mempengaruhi jumlah Device yang bisa mengunduh aplikasi yang dibuat. semakin kecil SDK semakin besar kemungkinan jumlah aplikasi di unduh dengan berbagai devices mulai dari versi android Gingerbread, akan tetapi menggunakan minimum SDK akan menghilangkan kesempatan menggunakan berbagai library dan modul yang suport dengan beberapa devices yang menggunakan versi terbaru Android.

Saat ini Android Studio (AS) telah melakukan pembaruan SDK hingga API 27, jika menggunakan compileSdkVersion 27 dengan buildToolsVersion 26.0.2 maka mau tidak mau harus menargetkan minSdkVersion API 14 untuk menggunakan semua fitur pada versi terbaru.

Berikut contoh penggunaan minimum SDK setelah di unggah ke playstore.

 

 Proyek A: minSdkVersion 9, targetSdkVersion 24, CompileSdkVersion 24, buildToolsVersion “26.0.2”

Pada proyek A terdapat supported devices 14819 dengan unsupported devices 662. Ini menunjukan besaran kesempatan jumlah unduhan aplikasi yang bisa digunakan diberbagai devices berjumlah 14819 jenis.

 Proyek B: minSdkVersion 14, targetSdkVersion 26, CompileSdkVersion 26,  buildToolsVersion “26.0.2”

Sedangkan pada proyek B terdapat supported devices 13698 dengan unsupported devices 1783, minimum SDK 14 lah yang menjadikan unsupported devices hampir 3x lipat dari proyek A. sehingga jenis devices yang bisa mengunduh aplikasi hanya 13698.

Lalu bagaimana cara menentukan minimun SDK ? Jika aplikasi dibuat dari awal dan tahu tujuan aplikasi, pastinya pembuat aplikasi paham library versi berapa yang bisa digunakan pada minimum SDK.  Misalnya aplikasi sederhana tanpa menggunakan library yang banyak, dan hanya menggunakan iklan admob. Maka minimum SDK adalah 9 dengan library admob 9.8.0, meski pada saat ini  library admob sudah update versi 11.04. Hanya saja versi terbaru 11.0.4 menggunakan minimun SDK 14. Jika memang hanya membuat aplikasi sederhana dan hanya menampilkan iklan, minimum SDK 9 sudah cukup.

compile 'com.android.support:support-v4:24+'
compile 'com.google.android.gms:play-services-ads-lite:9.8.0'

Proyek A: minSdkVersion 9, targetSdkVersion 24, CompileSdkVersion 24 buildToolsVersion “26.0.2”

compile ‘com.android.support:support-v4:26.0.0-alpha1’
compile ‘com.google.android.gms:play-services-ads-lite:11.0.4’

 Proyek B: minSdkVersion 14, targetSdkVersion 26, CompileSdkVersion 26  buildToolsVersion “26.0.2”

Setelah membuat proyek baru, biasanya aplikasi pada AS tidak akan langsung jalan, kadang ditemukan error saat aplikasi dibuat. Biasanya error yang terjadi hanya jika koneksi internet tidak ada atau gradle belum terinstal pada AS. Karena saat pertama kali pembuatan aplikasi AS akan melakukan singkron dengan gradle yang diperlukan disesuai dengan versi AS. silahkan cek halaman ini untuk memahami error gradle.

Tags: #apliasi baru #library android #Playstore


Leave a reply "Android #4: Perhatikan beberapa hal berikut saat membuat aplikasi baru"

Author: 
    author