Android #2: Cara mengganti nama package dan icon aplikasi

3024 views

Android #2: Cara mengganti nama package dan icon aplikasi – Setelah mempelajari teknik migrasi Eclipse ke Android Studio (AS), pembahasan dilanjutkan cara mengubah nama package. Perlu diketahui package hasil migrasi menjadi dua. Satu di AndroidManifest dan Satu lagi ada di build.gradle. Tetapi jika langsung membuat aplikasi di AS maka package hanya ada di build.gradle saja.

Di AS nama package yang ada build.gradle lah yang akan tercatat di Google PlayStore, sedangkan nama package yang ada di AndroidManifest hanya sebagai nama lokal.  Agar tidak bingung langsung praktik tutorial#2,  ini adalah contoh package yang ada di AndroidManifest, package tersebut hanya berlaku di lokal (hanya di baca sistem).

Sedangkan package yang ada di build.gradle  merupakan nama package aplikasi yang akan dibaca oleh Google Playstore, jadi jika ingin membuat aplikasi dan mengunggah aplikasi serupa, cukup ganti package yang ada di bagian build.gradle saja.

Untuk mengubah nama package di AS tidak bisa langsung seperti di Eclipse, jika di Eclipse melakukan Refactor (Rename) nama package bisa sekali ubah, sedangkan di AS harus satu persatu tergantung banyaknya sub nama package. Contoh com.rysa.aplikasi, maka untuk mengubah nama tersebut tidak bisa langsung di ubah semua harus satu per satu.  Klik pada Swoh Option Menu – > Compact Empty Middle Packages (Jangan di ceklis).

 

Maka package akan terbagi menjadi beberapa sub nama.

Selanjutnya klik kanan pada setiap sub package tersebut, dan pilih Refactor->Rename, silahkan ubah sesuai kebutuhan, mengubah nama dengan cara refactor hanya mengubah nama package yang ada di AndroidManifest. Sedangkan untuk mengubah nama di build.gradle cukup ketik saja dan boleh berbeda dengan nama package yang ada di AndroidManifest.

Dan untuk mengubah ikon aplikasi, pastikan posisi bilah menu harus ada di Android bukan di Project, dll.

Klik kanan pada nama aplikasi (App) ->New->Image Asset, Silahkan atur ikon sesuai kebutuhan. Bisa menggunakan ikon sendiri atau asset bawaan AS.

Yang harus diperhatikan dalam mengubah ikon aplikasi di AS, anda harus mengubah lokasi ikon dari folder Drawable ke folder Mipmap yang ada di AndroidManifest.

Ubah android:icon=”@drawable/ic_launcher” menjadi :

android:icon="@mipmap/ic_launcher"

 

Tags: #AndroidManifest #icon aplikasi #package #refactor


Leave a reply "Android #2: Cara mengganti nama package dan icon aplikasi"

Author: 
    author