Android #1 : Cara Import Eclipse Project Ke Android Studio

1076 views

Android #1 : Cara Import Eclipse Project Ke Android Studio – Banyak pengembang aplikasi android yang pada awalnya membuat aplikasi menggunakan Eclipse. Akan tetapi setelah Google mengeluarkan produk IDE sendiri untuk membuat aplikasi android yang bernama Android Studio (AS). Banyak  pengembang melakukan migrasi ke AS.

Migrasi proyek Eclipse ke AS  gampang-gampang susah. Gampang karena kita cukup melakukan migrasi hanya dengan klik dan klik saja. Susah karena ada beberapa library yang harus di atur terlebih dahulu atau tidak suport dengan AS.

Pada Tutorial #1, penulis akan coba praktikan migrasi proyek Eclipse ke AS dengan menggunakan Android Studio versi 2.3.3

Sebelum melakukan migrasi, plugin dan library yang digunakan harus di nonaktifkan untuk menghidari gagalnya singkronisasi proyek dengan gradle AS. Cek terlebih dahulu pada file project yang ada di proyek eclipse, jika terdapat library maka gunakan # untuk menon-aktifkannya.

 

Pada contoh yang diberikan, terdapat beberapa pengaturan seperti target=android-19 dan menggunakan library Google Play. Maka gunakan # untuk menon-aktifkannya. Jika dinonaktifkan maka target android akan otomatis disesuaikan dengan SDK yang digunakan oleh AS.

Setelah memberikan tanda # dan simpan, selanjutnya buka AS dan pilih menu  Import project (Eclipse ADT, Gradle, etc).

Pada kasus tertentu, proses migrasi akan diminta untuk update gradle tergantung dari SDK dan versi  AS yang digunakan saat migrasi. Pesan yang muncul di kasus ini adalah update Android Gradle plugin to version 2.3.3. Saran penulis lakukan Update meski memilih Remind me later juga bisa.

Jika pilihannya adalah update, maka AS akan melakukan update secara otomatis dengan syarat terhubung dengan koneksi internet. Akan tetapi jika pengaturan update tidak diotomatiskan  atau tidak ada koneksi internet, akan muncul pesan error dan mau tidak mau harus unduh versi gradle yang sesuai dengan AS 2.3.3, versi gradle bisa di unduh di halaman Gradle Distribution

Unduh Gradle versi 3.5 karena AS yang digunakana adalah versi 2.3.3, untuk AS 3.0 atau 3.3 maka harus menggunakan Gradle 4.1.  Lakukan update gradle secara manual pada menu Setting -> Gradle -> Project-level settings -> Use local gradle distribution. Cari dan gunakan gradle yang di unduh. lakukan Apply-OK  dan tunggu hingga proses update selesai sehingga muncul Sync Now atau Try Again. silahkan pilih salah satu hasilnya sama saja.

Jika proses update berhasil biasanya akan muncul kembali beberapa error yang harus di selesaikan, seperti minSdkVersion yang digunakan harus mengikuti buildToolsVersion. Penulis menemukan error minSdkVersion harus 14 karena buildToolsVersion yang digunakan adalah 26.0.2. Silahkan ubah pada build.gradle dan lakukan Sycn Now.

Nb. targetSdkVersion boleh dijadikan 26 atau tetap 21.

Setelah di Sync Now, seharusnya seluruh migrasi selesai. Tetapi pada kasus ini, penulis menggunakan library Google play untuk menampilkan Iklan Google Admob. Pada tahap awal library tersebut dinonaktifkan. Jadi proses selanjutnya adalah meng-aktifkan kembali dengan cara buka build.gradle dan tambahkan compile play services-ads dibagian dependencies.

compile ‘com.google.android.gms:play-services-ads-lite:9.8.0’

Jika di build.gradle tidak terdapat dependencies cukup tambahkan seperti dibawah ini.

dependencies {
compile ‘com.android.support:support-v4:26.0.0-alpha1’
compile ‘com.google.android.gms:play-services-ads-lite:9.8.0’
}

Lakukan Sycn Now dan migrasi pada kasus kali ini selesai, setiap proses migrasi pasti berbeda tergantung banyaknya  library yang digunakan seperti Google Analytics, dll. Contoh :

compile ‘com.google.android.gms:play-services-analytics:11.4.2’
compile ‘com.google.android.gms:play-services-games:11.4.2’
compile ‘com.google.android.gms:play-services-plus:11.4.2’

Nb. Pada awal migrasi, melakukan setting pada file project dengan cara menonaktifkan library yang digunakan. Jika proses tersebut tidak dilakukan maka saat migrasi akan terjadi error seperti gambar dibawah.

Tags: #Android Studio 2.3.3 #Eclipse to Android Studio #Gradle 3.5


Leave a reply "Android #1 : Cara Import Eclipse Project Ke Android Studio"

Author: 
    author