Asus Pilihan Terbaik Untuk Programmer IDE Android Studio

Asus Pilihan Terbaik Untuk Programmer IDE Android Studio

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Hallo om pengguna Source Code Aliendroid, Kali ini penulis ingin memberikan pengalaman memilih laptop yang cocok untuk seorang pragrammer khususnya bahasa java dengan Integrated Development Environment (IDE) Android Studio. Namun pengalaman ini lebih jauh lagi yaitu saat masih menggunakan IDE Eclipse Galileo. Dari dulu penulis hanya menggunakan Asus sebagai partner dalam membuat aplikasi maupun website.

Awal laptop yang penulis beli adalah Asus A43E untuk mengajar dan membuat aplikasi mobile (Eclipse). Dengan spesifikasi  prosesor Intel Pentium dual-core yang ada pada tahun 2010 Asus A43E masih bisa digunakan untuk melakukan coding dengan lancar, namun seiring meningkatnya versi aplikasi yang digunakan, maka spesifikasi hardware minimal untuk menjalankan aplikasi Eclipse harus ditingkatkan.

Saat itu (2015) penulis lebih memilih membeli Asus A455L daripada melakukan upgrade hardware, dengan spesifikasi prosesor core-i5 gen5, Ram 4GB DDR3 dan grafis Intel HD Graphics 4400 + Nvidia GT 820M-2GB. Dengan spesifikasi tersebut penulis tidak menemukan hambatan dalam kecepatan untuk membuat aplikasi mobile. Pilihan untuk mengganti laptop sangat banyak merknya, namun dengan fitur tambahan IceCool pada laptop Asus membuat penulis kembali memilih laptop ini. Bagi seorang programmer atau designer pasti mengalami panasnya laptop saat menggunakan aplikasi yang berat. untungnya dengan fitur IceCool ini sangat terbantu untuk mendinginkan hardware, sehingga penulis bisa melakukan coding lebih lama.

Hingga tahun 2019 Asus masih penulis gunakan, mulai dari membuat aplikasi android, mengajar di kampus, mengisi workshop dan seminar, serta menjadi juri mobile app tingkat nasional menggunakan Asus. Pada Awal tahun 2019 penulis melakukan upgrade hardware dengan mengganti HDD ke SSD, hal ini penulis lakukan karena Aplikasi Android Studio membutuhkan spesifikasi yang sangat tinggi. Dengan hanya mengubah HDD ke SSD laptop Asus menjadi lebih ringan seperti pertama membeli. Mungkin benar selain prosesor, SSD sangat berpengaruh terhadap performa laptop. 

Juri Mobile Competition UKSW 2018 bersama Prof Eko (UKSW), Prof Suyoto (Atmajaya), Rysa Sahrial (Penulis)

Pertengahan 2019, dengan berat hati Asus penulis tinggalkan. Asus telah memberikan pengalaman yang baik selama penulis mengajar sebagai Dosen, membuat website Reskin Aliendroid dan karya-karya source code Android yang ada di website ini. Penulis meninggalkan Asus bukan karena teknologinya tapi karena tuntutan penulis untuk upgrade ilmu ke bahasa pemrograman swift (Xcode) untuk membuat aplikasi Ios dan Mac. Meskipun sekarang lebih banyak menggunakan Macbook sebagai pendamping membuat aplikasi, Asus tetap penulis pakai untuk membuat aplikasi desktop dengan sistem operasi Windows, aplikasi mobile Android dan photo editing. 

Semakin banyaknya project pembuatan aplikasi desktop Windows, membuat penulis melirik Asus kembali. Untuk memenuhi minimal spesifikasi aplikasi maka penulis harus memilih laptop dengan hardware terupdate, dan tentunya sesuai dengan pengalaman dulu menggunakan SSD membuat performa laptop menjadi lebih baik. Maka pilihan penulis jatuh kepada Asus VivoBook 14 A416.

ASUS VivoBook 14 A416 adalah laptop level entri yang memberikan kinerja bertenaga dan visual yang imersif. Layar NanoEdge-nya menawarkan sudut pandang 178° yang luas dan lapisan anti-glare untuk pengalaman yang benar-benar menarik. Di dalam, ini didukung oleh prosesor Intel® Core ™ i5 generasi ke-10 dengan RAM hingga 8GB, grafis diskrit NVIDIA® MX330, serta pilihan desain penyimpanan ganda dengan SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB yang akan memberi Anda kapasitas penyimpanan besar dan kecepatan baca/tulis data yang cepat. Untuk harga dan spesifikasi lengkap bisa anda kunjungi web resmi Asus

Dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook 14 A416, sudah sangat cukup untuk membuat berbagai aplikasi dekstop, mobile maupun website. Selain itu kebutuhan untuk melakukan editing video, photo dan bermain game bisa dilakukan tanpa terkendala istilah lag. Semoga dari pengalaman penulis ini bisa memberikan gambaran tentang produk Asus yang selama ini digunakan.